oleh

Terobosan Mahasiswa, Produksi Es Krim dari Ubi

LENTERA PENDIDIKAN — Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), membuat terobosan untuk melakukan diversifikasi bahan pangan berbasis bahan pangan tradisional. Kali ini, yang menjadi objek diversifikasi adalah bahan pangan ubi jalar.

Ubi jalar yang selama ini hanya disajikan dengan cara digoreng atau direbus, oleh mahasiswa Fakuultas Pertanian UMP diolah menjadi es krim. “Rasa es krimnya, ternyata tidak kalah dengan es krim yang menggunakan bahan baku tepung maizena. Tekstur es krim dari tepung ubi jalar, juga tidak kalah lembut dibanding es krim dari tepung maizena,” jelas Dekan Fakultas Pertanian UMP, Bambang Nugroho.

Dia menyebutkan, kandungan serat yang tinggi ini merupakan pertimbangan awal dikembangkannya es krim ini berbahan ubi jalan. “Kelebihan bahan serat ini, menjadi keunggulan tersendiri dari es krim berbahan baku ubi jalar, terutama bagi anak-anak yang kekurangan bahan serat karena tidak menyukai sayuran,” katanya.

Lebih dari itu, kata Bambang, kandungan gizi ubi jalar tergolong sangat tinggi. Zat antosianin yang terdapat pada ubi jalar memiliki sifat, dan senyawa polifenolnya juga bersifat antiinflamasi dan relaksasi pembuluh darah. “Dengan bahan serat yang tinggi dan kadar glikemia yang rendah, ubi jalar sangat baik untuk kesehatan saluran cerna,” katanya.

Dia mengatakan, ubi jalar ini mengandung karbohidrat kompleks serta indeks glikemik yang rendah. Dengan demikian, makanan berbahan baku ubi jalar sangat cocok untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes dan obesitas. “Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A, B, C, zat besi dan kalsium yang tentu sangat diperlukam tubuh manusia,” katanya.

Menurutnya, es krim berbagai baku ubi jalar ini yang diproduksi mahasiswa Fakultas Pertanian UMP ini diberi nama es krim Patatas. “Karena terbuat dari ubi jalar, es krim Patatas memiliki memiliki cita rasa unik yang tidak dimiliki es krim yang terbuat dari tepung maizena. Yakni, adanya citarasa ubi jalar,” ujar Bambang.

Namun dia menyebutkan, kelembutan tekstur es krimnya, tidak kalah dibanding dengan es krim yang terbuat dari tepung maizena. “Es krim Patatas yang kami buat ini, semuanya menggunakan bahan alami, tanpa pewarna dan pengawet buatan. Warnanya menjadi sedikit ungu, karena ubi jalar yang digunakan menggunakan ubi jalar berwarna ungu,” katanya.

Menurutnya, es krim Patatas buatan mahasiswa Fakultas Pertanian UMP bisa dibeli di Warung Organik Fakultas Pertanian UMP yang memang menyediakan bahan-bahan hasil pertanian organik. “Kalau ingin mencoba es krim Patatas, silakan datang ke warung kami. Kalau es krim lain cenderung memicu obesitas, es krim Patatas justru akan menghindari obesitas,” katanya.

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News