oleh

Prodi Ilmu Komunikasi Gelar Pelatihan Jurnalis

Pendidikan.lentera.co.id — Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhamadiyah Maluku Utara, (UMMU) gelar pelatihan jurnalistik.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai hari Kamis 8 Agustus – Jumat 9 Agustus 2019 di Aula Rekotrat lantai 3 UMMU dengan tajuk “Jurnalistik Sebagai Profesi Profesional di Era Milenial”

Kegiatan pelatihan jurnalis ini adalah program Prodi Ilmu Komunikasi Fisip UMMU tiap tahun sekali.

Dalam pembukaan kegiatan itu turut hadir Rektor UMMU Syaiful Deni, Warek I Agus Mawanda, Warek III Hery Jainal, dan juga Ketua Prodi Ilmu komunikasi, Wahyuni Bailussy.

“Dalam perkembangan informasi ini, pada sisi jurnalis ini memberikan pencerahan kepada kita sehingga melihat dunia seperti desa kecil,” ujar Rektor UMMU Syaiful Deni, Kamis, 8 Agustus 2019.

Rektor juga berikan apresiasi kepada Warek III Hery Jainal, yang dapat mendorong mahasiswa untuk mengembangakan bidang dan bakat terhadap program studi dan skil bagi mahasiswa di berbagai fakultas.

“Pelatihan ini adalah motifasi terhadap mahasiswa UMMU maupun mahasiswa yang sempat mengikuti kegiatan ini untuk mengasah talenta dan juga bakat untuk menulis agar bisa mengimplementasikan profesi di media cetak maupun online,” terangnya.

Sementara Warek III, Hery Jainal juga berharap kepada peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik agar serius ketika materi berlangsung selama 2 hari kedepan. Peserta juga diharapkan pasca pelatihan agar tulisannya diberikan kepada panitia sebelum pengambilan sertifikat.

“Kegiatan ini kita bisa membuat buku dari kumpulan tulisan-tulisan dari dari kegiatan ini dan dapat kita diajukan kepada kemenresdikti,” tandasnya.

Dalam era milenial dan perkembangan teknologi, jurnalisme memang sangat dibutuhkan untuk kemajuan sumber daya manusia.

Ketua Panitia, Andi Hasim, mangatakn jurnalisme sangat di butuhkan demi kemajuan pembangunan untuk umat dan bangsa baik dalam berbagai sektor. Baik itu sektor ekonomi, politik, budaya, ketahanan, dan keamanan negara.

“Untuk itu mahasiswa Ilmu Komunikasi menyediakan kegiatan pelatihan jurnalis untuk anak bangsa yang ingin terjun ke dunia jurnalis,” ujarnya.

Ada sebanyak 71 peserta. Diantaranya 40 peserta dari mahasiswa UMMU, 19 peserta dari Universitas Khairun Ternate, 1 peserta mahasiswa dari STIKIP Kieraha, 1 peserta dari mahasiswa UMMU Malang, dan 4 untuk pelajar dari SMA Negeri 8 Kota Ternate, 1 peserta pelajar dari SMA N 4, 1 peserta dari SMK 1 Kota Ternate serta 4 orang peserta untuk umum.

Sebelumnya, terget panitia untuk peserta pelatihan jurnalistik sebanyak 100 orang.

Reporter: Fariji
Editor: Ajun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *