oleh

Mahasiswa KKN Kebangsaan Gelar Simulasi Bencana untuk Warga Desa Balbar

Pendidikan.lentera.co.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan kelompok Desa Balbar gelar kegiatan edukasi dan adaptasi mitigasi bencana kepada warga Desa Balbar Kecamatan Oba Utara Tidore Kepulauan Maluku Utara, pada Kamis, 8 Agustus 2019.

Kegiatan simulasi mitigasi bencana ini bertujuan untuk mengantisipasi kepada warga Desa Balbar yang dekat dengan bibir pantai untuk meminimalisir terjadinya resiko gempa maupun tsunami.

Inisiatif 10 orang mahasiswa KKN Kebangsaan yang terdiri dari berbagai Universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan BPBD Malut ini gegap-gempita warga menyambutnya.

Kegiatan ini didasari atas data dari BMKG terkait bencana. 11 ancaman bencana di Indonesia, 9 diantaranya terdapat di Maluku Utara.

Pada beberapa pekan lalu diguncang gempa beberapa kali, termasuk Halmahera Selatan dengan kekuatan 7,2 Magnitudo. Ada sekitar 5 orang yang meninggal, dan ribuan warga mengungsi dan ratusan rumah warga runtuh rata tanah akibat gempa di Halsel pada Minggu, 14 Juli 2019 itu.

Antusias itu pula, sebagai Desa Balbar yang dekat dengan pesisir pantai, sangat rentan dengan bencana gempa maupun tsunami dan beresiko tinggi terkena dampak.

Oleh karena itu, Kordinator Desa, Ikram Gay mengatakan simulasi tanggap bencana di Desa Balbar ini sebagai edukasi agar warga paham dan mempunyai kemampuan (pemahaman) tentang siaga bencana dan apa yang perlu warga lakukan ketika terjadi bencana alam, terutama gempa dan tsunami.

“Dengan hal tersebut, kita dapat mengedukasi masyarakat untuk mampu bersahabat dan mengenali dampak dan resiko bencana alam. Sehingga nantinya apabila terjadi bencana, masyarakat sudah siap dan mampu mengevakuasi secara mandiri ke tempat yang aman,” ujar Ikram Gay, mahasiswa asal Universitas Khariun Ternate ini kepada Kontributor Lentera.co.id pasca kegiatan.

“Semoga warga menjadi lebih paham apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi bencana dengan begitu diharapkan dapat mengurangi adanya korban jiwa dan semoga kita selalu di lindungi” kata Ikram.

Sementara, Pranatacara Kegiatan, Rintan Purnama Ayu Apriliani mengatakan sosialisasi dan simulasi tanggap bencana yang diusungkan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan ini merupakan output dari pembuatan plang jalur evakuasi beserta peta jalur evakuasi

“Dengan adanya plang dan peta jalur evakuasi yang ditempatkan di setiap RT di Desa Balbar, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mitigasi bencana,” terang Rintan sapaan akrab mahasiswi asal Universitas Negeri Semarang ini.

Untuk diketahui, kelompok mahasiswa KKN-Kebangsaan 2019 yang berada di Desa Balbar Kecamatan Oba Utara Tidore Kepulauan ini diantaranya; Rintan Purnama Ayu Apriliani, mahsiswa asal Universitas Negeri Semarang, Mohamad Faldi Attamimi mahasiswa asal Universitas Negeri Gorontalo, Ibnatul Suasti Mujabah mahasiswa asal Universitas Negeri Semarang, dan Zul Ihsan Ma’arif mahasiswa asal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Serta Ikram Gay mahasiswa asal Universitas Khairun Ternate, Melki Yonas Alinti mahasiswa asal Universitas Negeri Gorontalo, Finna Aqhninna mahasiswa asal Universitas Sebelas Maret, Za’imul umam mahasiswa asal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, juga Lutfi Andriani mahasiswa Universitas Sebelas maret dan Rohmad Romadhon mahasiswa asal Universitas Sebelas Maret.

Reporter/Kontributor: Rintan
Editor: Ajun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *