oleh

Unkhair Ternate Skorsing 4 Mahasiswa Senior Pelaku Kekerasan saat Inforient

LENTERA PENDIDIKAN -– Pihak Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, langsung mendindak dan memberikan sangsi kepada empat orang mahasiswa yang terlibat dalam aksi minum air bekas ludah saat pelaksaan Informasi dan Orientasi (Inforient) selama dua hari, 28-29 Agustus 2019 kemarin. Video aksi itu tengah viral dimedia sosial.

Rektor Unkhair Ternate, Husen Alting, dalam keterangan persnya, empat mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPIK) telah diberikan sangsi oleh kampus atas tidakan mereka terhadap peserta Inforient mahasiswa baru.

Dalam keterangan tertulis itu, pihak kampus juga telah menyampaikan permohonan maaf atas insiden kekerasan tersebut. Kejadian itu terjadi bersamaan dengan persiapan pelaksaan penutupan inforient, namun, kata Rektor, oknum senior mahasiswa itu memanfaatkan kesempatan itu dan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan norma akademik, kode etik dan panduan Inforient.

“Kami selaku pimpinan Unkhair Ternate menyampaikan permohonan maaf atas kejadian itu, sekaligus mengutuk keras perbuatan yang dilakukan,” terang Husen.

Melalui Wakil Rektor (Warek) III bidang Kemahasiswan dan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah mengidentifikasi dan memeriksa semua oknum yang terlibat dalam kejadian itu. Hasilnya, ditemukan empat orang mahasiswa senior yang terlibat, diantaranya, inisial AE, FSMA, LM, dan NSF. Keempat mahasiswa itu adalah Prodi Manajemen Sumber daya Perairan (MSP).

Para mahasiswa itu, tambah Rektor, telah menyampaikan permintaan maaf dan penyesalan atas tindakan tidak terpuji mereka kepada mahasiswa baru, civitas akademika dan masyarakat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Rektor, ditemukan fakta terjadinya pelanggaran terhadap peraturan akademik dan kode etik mahasiswa yang berlaku di Universitas Khairun, Oleh karena itu, keempat mahasiswa tersebut diberi sanksi.

“Terhadap oknum mahasiswa dengan inisial AE diberikan sanksi berupa skorsing perkuliahan selama 2 semester. Sedangkan oknum mahasiswa dengan inisial FSMA, LM dan NSF masing-masing diberikan sanksi skorsing selama 1 semester,” tulis Rektor Unkhair. (Ajn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *