oleh

Komdik-MPK Regional MAM Gelar Kegiatan, Bangun Karakter Pendidikan di Sekolah

LENTERA PENDIDIKAN– Untuk meningkatkan karakter pendidikan pada guru di sekolah dan menjalin tali persaudaraan, maka sebagai Komisi Pendidikan dan majelis pendidikan katolik (Komdik-MPK) Regio Makassar-Amboina dan Manado (MAM) mengadakan rapat bertajuk, “Pengolahan karakter jati diri pendidikan di sekolah katolik”.

Kegiatan tersebut, hadir dua narasumber dari Jakarta yaitu sekretaris eksekutif komisi pendidikan Katolik KWI dan ketua presidium majelis nasional pendidikan katolik.

Peserta dalam pertemuan tersebut sebanyak 150 orang yang berasal dari tiga wilayah dan terdiri dari kepala yayasan katolik, kepala sekolah, dan perwakilan guru dari masing-masing yayasan. Juga diikuti dengan siswa yang ada di beberapa sekolah. Meski begitu, kegiatan tersebut hanya di Kota Ternate yakni dari Sekolah Dasar (SD) katolik santaTheresia, Sekolah menengah pertama (SMP) Katolik Bintang Laut, dan Sekolah menengah atas (SMA) katolik bintang laut.

“Pertemuan ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kualitas guru yang ada di tiga wilayah MAM,” Jelas Ketua komisi pendidikan dan majelis pendidikan katolik, Pastor Agustinus Arbol kepada media ini usai pembukan di Ballroom Royal Resto Ternate pada Selasa, 1 Oktober 2019 Malam.

Lanjut pastur menjelaskan, materi yang dibahas mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka menghadapi era industri. Selain itu, yang di tingkatkan adalah karakter guru yang harus di olah sehingga dapat menjadi guru yang berkarakter sehingga sudah tentu guru tersebut dapat mengajar, mendidik, dan membina anak-anak sehingga bisa menghasilkan anak didik yang berkarakter dan berkualitas.

Tak hanya itu, pertemuan ini juga merupakan silaturahim antara ketua-ketua yayasan kepala sekolah dan perwakilan guru dari tiga wilayah.

“Pertemuan seperti ini sudah di lakukan setiap tahun dan ini yang ke 12 di Kota Ternate sebagai tuan rumah. Kalau tahun sebelumnya di Manado dan yang berikut akan di rencanakan di Ambon atau Makassar karena kegiatan ini akan terus bergulir,” ujarnya.

Lanjut dia, Tema yang di angkat setiap tahun pun berbeda. Menurutnya, tahun kemarin mengenai karakter sekolah, kali ini khusus karakter guru dan untuk ke depan masih di rencanakan karena pertemuan ini sekaligus rapat pengurus untuk penentuan waktu dan tuan rumah pertemuan di 2020 nanti.

“Semoga kegiatan ini menjadi satu bentuk dukungan kepada kami yang ada di Kota Ternate bahwa pendidikan itu penting untuk masa depan,”ungkapnya

Dia juga menambahkan, pertemuan ini mengajak para praktisi pendidikan agar benar mengelolah pendidikan dengan baik. Sebab, bila pengelolaan sekolah dilakukan dengan baik, maka anak didik pun akan bermutu dan berkualitas. “Itu akan berdampak untuk umat dan masyarakat yang ada di tiga wilayah,” terangnya.

Sebagai tuan rumah dirinya, berharap kegiatan tersebut membuat pihaknya semakin semangat untuk mengelolah sekolah- sekolah yang ada di Ternate. “Dan semoga persaudaraan kita makin baik”.

Rep/Red: Hana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *